Game offline o quan net artinya game dari net café, cyber café atau kafe internet yang bisa dimainkan secara offline. Namun, pada praktiknya, dimainkan online dengan bantuan LAN. Game itu sendiri dalam posisi offline atau tidak terhubung ke jaringan internet luar negeri manapun untuk bisa dimainkan secara online seperti permainan Dota misalnya. Kebetulan game gaya old skool dengan ciri LAN ini masih sangat popular di kalangan anak muda Vietnam.

 

Menurut survey, sekitar tiga dari empat anak sekolah dasar Vietnam bermain game online pada hari kerja, menurut survei terbaru. Survei lain di lima kota di Vietnam melaporkan bahwa lebih dari 1.000 anak sekolah dan 12.000 mahasiswa bermain game online selama tiga hingga 16 jam setiap hari. Di Hanoi, ibukota Vietnam, diperkirakan ada 4.000 kafe internet. Menurut seorang pengembang game di Kota Ho Chi Minh, sebagian besar gamer online Vietnam berusia antara 14 dan 24 tahun.

 

Lebih dari sepertiga populasi Vietnam bermain game di kafe internet secara LAN, dan mereka diperkirakan akan menghabiskan $ 365 juta untuk hiburan virtual tahun ini, menjadikannya pasar terbesar ke-28 di dunia, menurut situs data game Newzoo yang berbasis di Amsterdam. Situs itu juga memperkirakan bahwa 32,8 juta orang terus bermain game online di Vietnam.  Survei menemukan 45 persen gamer bermain di semua platform, dari PC ke ponsel dan konsol. Lebih dari setengah populasi Vietnam yang berjumlah hampir 92 juta memiliki akses ke internet. Lalu game apa saja yang popular mereka mainkan. Sebagaimana tebakan banyak orang, terkait game LAN tidak akan jauh dari tiga game fenomenal ini:

Counter Strike: Source

Game FPS selalu berada di urutan teratas dalam daftar untuk game multipemain kompetitif. Meskipun tidak ada banyak pilihan saat itu, Game ini merupakan penasbih kegembiraan para gamer LAN, kegembiraan bermain dengan sekelompok teman yang membuat semua petunjuk skenario mudah diingat. Bahkan kekurangan dari game ini malah membuat orang makin antusias. Banyak orang mengingat saat mereka gagal masuk server, atau ketika server teman bermainnya tidak dapat ditemukan.

 

Red Alert

Pasukan Sekutu atau Uni Soviet, itu pilihannya? Apa pun itu, game yang penuh strategi ini berada di urutan teratas bagi banyak pemain LAN di zamannya, tidak terkecuali di Vietnam. Kegembiraan dalam permainan pada akhirnya melibatkan musnahnya musuh dengan armada besar tank atau pasukan – atau jika Anda mau, lewat anjing atau beruang. Dan kemudian ada senjata super yang menentukan nasib musuh – dengan bom nuklir yang mampu menghabisi seluruh area pangkalan musuh.

 

Warcraft 3: Frozen Throne (Dota Allstars)

Siapapun akan ingat bagaimana keadaannya sebelum Dota 2 keluar? Game LAN sebelum semua game bermunculan satu sama lain, tidak ada yang berani menghujat leluhur dari segala game LAN yang berada dalam keluarga Warcraft. Termasuk Warcraft 3: Frozen Throne (Dota Allstars).  Tapi dalam permainannya sendiri jadi ajang saling serang yang menyenangkan. Bahkan percaya atau tidak, ada turnamen besar Warcraft 3 di Vietnam, yang memperebutkan hadiah besar.

 

Perhatian warga Vietnam terhadap game kini semakin offline, bukan berarti mereka tidak menghargai game-game baru yang bermunculan, namun orang Vietnam dikenal romantis pada apa yang membentuk mereka. Sehingga game game old skool seperti Counter Strike hingga DOTA masih dimainkan disegala umur. Game lain juga ada yang menarik yaitu permainan di Situs Judi QQ.