Anjing Anubis adalah seorang dewa yang memiliki kepala anjing dan bertubuh manusia. Anubis sering dikaitkan dengan kematian dan alam akhirat. Anubis dalam bahasa Yunani Kuno (: Ἄνουβις) sering berkaitan dengan proses mumifikasi dan alam baka di dalam mitologi Mesir Kuno. Ritual Anubis selalu digunakan dalam pengawasan proses mumifikasi dan selalu dianggap sebagai dewa yang harus ada di alam kematian serta keberadaannya yang sangat penting dalam hal seperti ini. Dalam Mesir kuno Anubis dikenal sebagai Inpu. Dulunya Anubis merupakan dewa yang sanga penting dalam kematian, namun dia digantikan oleh Osiris pada masa kerajaan Pertengahan. Anubis selalu dihormati oleh banyak orang karena dia melindungi orang yang meninggal dan membawanya sampai ke dunia akhirat. Mini Goldendoodle telah mengulas beberapa fakta mengenai Anubis dibawah ini, antara lain:

  1. Memiliki Peran Sebagai “Penimbang Hati”

Anubis memiliki peran yang sangat penting dalam mitologi Mesir kuno. Perannya berhubungan dengan sebuah kematian. Salah satu peran anubis yang cukup terkenal adalah sebagai “Penimbang Hati”. Dari cerita yang dituturkan, Anubis akan membantu jiwa-jiwa yang sudah meninggal dan menghantarkannya sampai dunia akhirat. Lalu setelah jiwa-jiwa iti sampai di “Hall of Maat” akan ditimbang oleh Anubis. Untuk jiwa yang memiliki hati yang ringan akan dihantarkan Anubis ke akhirat, dan bagi yang memiliki hati yang berat maka jiwa itu akan ditelah oleh iblis wanita yang bernama “Ammut”.

  1. Digambarkan Sebagai Sosok yang Jahat Di Era Modern

Anubis sering kali dicap sebagai sosok yang jahat dan menyeramkan. Banyak orang seringkali melihat Anubis sebagai sosok yang mendatangkan banyak kejahatan. Walaupun Anubis dikenal sebagai dewa kematian, namun dalam mitologi Mesir kuno sebenarnya dia memiliki moral yang sangat baik di mata orang mesir kuno. Penggambaran ini sungguh sangat berbeda dengan aslinya. Karena memang sebenarnya Anubis adalah sosok yang sangat bijaksana dalam kematian dan akhirat.

Fakta mengenai Anubis di atas cukup sangat mengejutkan, karena ternyata sosok Anubis sangat berbeda dengan apa yang sering orang pikirkan. Anubis ternyata adalah sosok yang sangat baik dalam konsep gambaran masyarakat mesir kuno.